Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

ALBA Lakukan Deklarasi Dukung Dan Mengawal Anis Baswedan Sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024-2029

| May 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-16T14:42:20Z


Bandar Lampung,Detik35.com – Advokat Lampung Bersama Anies (ALBA) melakukan deklarasi mendukung dan mengawal Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI pada Pilpres 2024-2029 pada Februari 2024 mendatang. Para advokat Lampung ini juga mendukung gerakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil).

Deklarasi dilakukan sekitar 30 pengacara muda di Kantor Pengacara Abi Hasan Mu’an di Jalan Nakib, Kotabaru, Tanjungkarang Timur, Bandar Lampung, Selasa (16/5/2023).

Koordinator ALBA Lampung, Abi Hasan Mu’an mengatakan Pemilu serentak pada 2019 lalu meninggalkan banyak problematika, dugaan atas tindak kecurangan Pemilu mulai dari nasional sampai daerah. Dengan alasan penghematan anggaran, Pemilu serentak justru mengesampingkan hal yang terpenting dalam demokrasi, mulai dari banyaknya penyelenggara Pemilu di tingkat bawah yang meninggal, hingga adanya dugaan perangkat pemerintah dan keamanan negara yang ikut andil untuk memenangkan salah satu calon Presiden.



Hal tersebut dibuktikan dari sikap perangkat keamanan negara yang membiarkan salah satu pasangan calon Presiden petahana menggunakan fasilitas negara untuk kampanye, serta banyak intimidasi kepada pihak yang bertentangan dengan calon petahana. Kecurangan-kecurangan di daerah-daerah banyak terjadi karena minimnya pengawasan dari masyarakat, sebab masyarakat sudah dibingungkan dengan banyaknya pilihan pada Pemilu serentak.

“Pemilu serentak akan kembali dilaksanakan pada Februari 2024 mendatang, bukan tidak mungkin akan menimbulkan banyak kecurangan-kecurangan yang dapat mencederai demokrasi. Hal ini lah yang mendorong para Advokat Lampung untuk berhimpun dan beraliansi dalam Advokat Lampung Bersama Anies atau ALBA untuk mengawal dan mengawasi proses demokrasi yang bersih, jujur, dan adil sesuai peraturan perundang-undangan,” tuturnya.

Menurut Abi Hasan Mu’an, jika dilihat dari perkembangan berita dan isu di media nasional, musuh paling berat Anies Baswedan justru diduga dari penyelenggara Pemilu.

“Jadi dengan informasi ini dan prilaku yang ada di Jakarta itu, kita sangat prihatin. Sebab itu, kita memandang perlu untuk menyatakan adanya ALBA, supaya penyelenggara Pemilu ini lebih bersikap proporsional dan profesional,” katanya.

Abi Hasan Mu’an menyatakan, ALBA akan mengawal pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai azaznya yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Selain itu, ALBA akan melakukan advokasi dan pelatihan kepada para pemilih dan para relawan supaya memiliki pengetahuan tentang penyelenggaraan Pemilu yang Luber Jurdil.

“Dengan memiliki pengetahuan (tentang penyelengaraan Pemilu), mereka bisa menjadi mitra kami di lapangan sehingga jika ada pelanggaran mereka bisa melaporkan,” jelas Abi Hasan Mu’an. (R-1)

Isi Deklarasi ALBA Lampung :

1. Menyatakan turut serta berpartisipasi dalam upaya penyelenggaraan Pemilu serentak yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil di Provinsi Lampung.

2. Mendukung dan siap mengawal, serta advokasi tim relawan dan masyarakat pendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI 2024-2029.

3. Menyatakan dukungan terhadap pencalonan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI 2024-2029, dengan cara-cara yang konstitusional dan sesuai peraturan perundang-undangan.

4. Menggalang dan membuka partisipasi seluruh advokat yang ada di Lampung untuk mendukung Gerakan Pemilu Luber Jurdil dan mengawal pemenangan Anies Baswedan sebagai Presiden RI 2024-2029 secara konstitusional.

5. Membuka Posko Advokasi Pemilu Serentak 2024 di Lampung dan dapat diikuti lada daerah kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

6. Melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai urgensi Pemilu yang sehat dalam negara hukum dan demokrasi.(Red)

×
Berita Terbaru Update