Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sewa 1.000 Alphard Per Unit Rp 25 Juta untuk HUT RI di IKN

| August 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-08T03:39:51Z
"Sewa 1.000 Alphard Per Unit Rp 25 Juta untuk HUT RI di IKN Moeldoko: Untuk Hari Kemerdekaan Nggak Ada yang Mahal"
Detik35. Com - Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dikabarkan menyewa 1.000 mobil Toyota Alphard untuk tamu negara dan very very important person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Penyewaan mobil itu untuk mobilitas tamu yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Diperkirakan penyewaan satu mobil Toyota Alphard itu senilai Rp 25 juta per hari. Harga penyewaan satu unit itu berdasarkan Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur.
 
Harga penyewaan Alphard dinilai Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak terbilang mahal, karena untuk menunjang fasilitas acara HUT ke-79 RI di IKN.
 

"Kalau untuk national day atau hari kemerdekaan menurut saya nggak ada yang mahal. Karena itu adalah hari kita," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/8/2024).
 
Namun, Moeldoko menyatakan penggunaan anggaran negara itu sudah diperhitungkan secara matang. Ia memastikan, pemerintah mengontrol setiap penggunaan keuangan negara.
 
"Tapi bukan berarti terus penggunaan anggaran negara itu apa, suka-suka kita. Semuanya bisa dikontrol," tegas Moeldoko.
 
Menurutnya, tak hanya penyewaan mobil yang mengalami pelonjakan. Tapi juga penyewaan kamar hotel di kawasan IKN yang juga melonjak jelang Hari Kemerdekaan.
 
"Iya, termasuk juga hotel itu cukup mahal. Mestinya ini kan case-case tertentu. Memaknainya adalah jangan disamakan apple to apple dengan situasi yang umum. Ya bagi saya untuk kepentingan hari ulang tahun negara itu engga ada yang mahal," pungkas Moeldoko.
(***) 
 

×
Berita Terbaru Update