Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Konflik Internal PWI Berujung pada Pencabutan Izin UKW dan Pengusiran dari Gedung Dewan Pers

| September 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-30T15:18:05Z

 

Jakarta,Detik35.Com

29 September 2024 – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tengah menghadapi situasi krisis akibat konflik internal yang berkepanjangan. Dewan Pers telah mengambil langkah tegas dengan mengeluarkan keputusan yang meminta PWI untuk meninggalkan Gedung Dewan Pers dan mencabut izin penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).


Keputusan ini merupakan hasil dari serangkaian pertemuan dan rapat pleno yang diadakan oleh Dewan Pers. Pada 17 September 2024, pertemuan diadakan dengan perwakilan PWI Pusat. Di tengah ketegangan yang terus meningkat, PWI mengirimkan surat permohonan bernomor 689/PWI-P/LXXVIII/2024 pada 9 September 2024, meminta klarifikasi tentang keabsahan organisasi dan mengusulkan upaya rekonsiliasi untuk meredakan perpecahan.


Dalam surat tersebut, PWI menyampaikan harapan untuk menemukan jalan keluar dari situasi yang memicu perdebatan di kalangan anggota dan publik. Namun, meskipun upaya mediasi telah dilakukan, Dewan Pers menilai bahwa konflik tersebut telah merusak kredibilitas organisasi, sehingga perlu diambil tindakan tegas.


Pencabutan izin UKW dipandang sebagai langkah drastis yang akan berdampak signifikan bagi anggota PWI dan calon wartawan yang ingin mendapatkan sertifikasi kompetensi. Banyak anggota PWI yang merasa khawatir atas masa depan organisasi mereka dan dampak keputusan ini terhadap profesi jurnalistik di Indonesia.


Situasi ini menciptakan gelombang protes dan diskusi di kalangan wartawan dan organisasi media. Banyak yang berharap agar PWI dapat segera menyelesaikan konflik internalnya untuk menjaga stabilitas dan integritas dalam dunia jurnalistik.


Keputusan Dewan Pers ini menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam organisasi wartawan, sekaligus mengingatkan bahwa persatuan dalam profesi adalah kunci untuk menghadapi tantangan di era informasi yang terus berkembang. Saat ini, perhatian publik tertuju pada langkah selanjutnya yang akan diambil oleh PWI untuk mengatasi situasi ini dan mengembalikan kepercayaan dari anggotanya.

(**) 
×
Berita Terbaru Update