Notification

×

Iklan

 


Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pidato Perdana Presiden Prabowo Subianto: Fokus pada Swasembada Pangan dan Energi

| October 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-20T16:24:23Z



Jakarta, detik35. Com

Presiden Prabowo Subianto menekankan pentingnya swasembada pangan dan energi dalam pidato perdananya di hadapan Sidang Paripurna MPR RI usai dilantik sebagai Presiden periode 2024-2029, di Gedung Nusantara MPR-DPD-DPR RI, Senayan, pada Minggu, 20 Oktober 2024.


Dalam situasi ketidakpastian global, Presiden Prabowo menyatakan bahwa Indonesia harus segera mencapai swasembada pangan. Ia menekankan bahwa di tengah krisis global, negara lain tidak akan memprioritaskan penjualan komoditas penting seperti pangan. “Kita harus mampu memproduksi dan memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.


Presiden optimis dalam waktu empat hingga lima tahun ke depan, Indonesia tidak hanya akan swasembada pangan tetapi juga akan menjadi lumbung pangan dunia. “Saya yakin paling lambat dalam empat sampai lima tahun kita akan mencapai swasembada pangan,” tegasnya.


Selain pangan, Presiden juga menggarisbawahi pentingnya swasembada energi. Dengan memanfaatkan sumber daya alam, seperti kelapa sawit, singkong, tebu, sagu, serta energi geotermal dan batu bara, ia percaya Indonesia bisa mencapai kemandirian energi. “Pemerintah yang saya pimpin akan fokus untuk mencapai swasembada energi,” ungkapnya.

Dalam hal kesejahteraan, Presiden menekankan perlunya penyaluran subsidi yang tepat sasaran dengan dukungan teknologi digital. Ia berkomitmen memastikan anak-anak Indonesia mendapatkan gizi yang layak, menyatakan, “Anak-anak kita harus bisa makan bergizi minimal satu kali sehari.”


Presiden juga menyoroti pentingnya hilirisasi komoditas untuk meningkatkan nilai tambah bagi ekonomi nasional. “Nilai tambah dari semua komoditas harus menambah kekuatan ekonomi kita sehingga rakyat bisa mencapai tingkat hidup yang sejahtera,” jelasnya.


Prabowo menegaskan komitmennya untuk memberantas korupsi melalui perbaikan sistem dan penegakan hukum yang tegas. Ia menekankan bahwa upaya pemberantasan korupsi harus dimulai dari level atas. “Semua pejabat harus memberi contoh untuk menjalankan pemerintahan yang sebersih-bersihnya,” pungkasnya.


Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah pemimpin dan utusan negara sahabat, termasuk Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, serta beberapa Wakil Presiden sebelumnya. Turut hadir para pimpinan lembaga negara dan ketua umum partai politik nasional, menandai momen penting bagi pemerintahan baru Prabowo Subianto.


Dengan komitmen kuat terhadap swasembada pangan, energi, dan pemberantasan korupsi, Presiden Prabowo Subianto berharap dapat membawa Indonesia menuju kemajuan yang lebih baik.

(Redaksi) 

×
Berita Terbaru Update